30 December 2014

Stratifikasi Sosial

Hai Kepoers, kali ini saya akan membahas mengenai Stratifikasi Sosial.

Menurut id.wikipedia.org
Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).
Ukuran atau Kriterianya dibagi menjadi 4, yaitu :
- Ukuran Kekayaan
- Ukuran Kekuasaan
- Ukuran Kehormatan
- Ukuran Ilmu Pengetahuan

Contoh kasus yang saya akan bahas kali ini menurut Ukuran Kekayaan.

Ada dua Masyarakat yang mempunyai kasus hukum sehingga harus menerima hukuman berada didalam jeruji besi atau penjara. Seorang yang pertama adalah Seorang Pejabat bernama Arthalyta Suryani dengan pendapatan yang lumayan sekali dan Seorang lagi yang berasal dari masyarakat atau kalangan biasa.
Mereka Berdua memiliki kasus yang diharuskan masuk kedalam penjara. Namun, ada Perbedaan didalam Sel Penjara yang ditempati oleh masing - masing.

Orang Pertama,
Stratifikasi Sosial
Orang Pertama ( sumber gambar : kompas.com )
Dari gambar diatas, kita pasti bertanya - tanya, "apakah itu sebuah sel penjara?". Dalam kenyataannya memang seperti itu. Penjara dengan Fasilitas Bintang 5. Ditempat itu tersedia TV, Sofa, AC dan masih banyak lagi. Seperti layaknya di sebuah rumah sendiri. Menurut Sumber yang saya cari, butuh dana 50juta untuk mendapatkan fasilitas seperti gambar diatas. Luar Biasa bukan?

Orang Kedua,
Stratifikasi Sosial
Lapas Cipinang ( sumber gambar : tempo.co )

Namanya juga dari kalangan biasa. ya dapat Sel Penjara juga biasa seperti gambar diatas. Didalam sel penjara tersebut tidak tersedia fasilitas seperti gambar no 1. Didalam 1 sel Penjara saja ditempati oleh banyak orang. Pasti penuh sesak dan tidak nyaman.

Solusi Untuk Kasus Tersebut :
Harus ada keadilan di Negara Indonesia ini. Tidak membeda - bedakan masyarakat yang ada di Indonesia. Baik itu dari kalangan atas atau bawah.  Sehingga dalam kasus Pidana apapun, Mereka semua harus berada didalaam Sel Penjara yang sudah semestinya tanpa adanya Sel Penjara kusus. 


EmoticonEmoticon

loading...