31 October 2015

Arti Sumpah Pemuda Kian Memudar

Hai Kepoers, tentunya kita semua tidak asing lagi dengan tanggal 28 Oktober. Ya, pada tanggal tersebut, setiap tahunnya kita akan memperingati hari "Sumpah Pemuda". Kalian tahu gak sih arti dari Sumpah Pemuda itu? Sebenarnya, bagi saya sendiri, saya tidak begitu paham secara keseluruhan arti dari Sumpah Pemuda itu. Namun, saya akan coba mengeksplorasi apa yang ada dipikiran saya mengenai Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda yang kita dengar selama ini merupakan cita - cita berdirinya bangsa Indonesia seperti Berumpah Darah Indonesia, Berbangsa Indonesia dan Menjunjung Bahasa Indonesia. Namun, arti dari Sumpah Pemuda itupun menurut saya kian memudar dan saya pun melihat, merasakan dan mungkin melakukannya.

Bertumpah darah Indonesia. Cita - cita yang pertama ini mungkin sudah mulai memudar. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang pergi keluar negeri untuk bekerja  disana. Ya, mungkin lapangan kerja, teknologi, penghasilan yang berada di Indonesia tidak sama seperti di luar negeri sana yang mungkin lebih besar.

Berbangsa Indonesia. Cita - cita yang kedua ini juga mungkin sudah mulai memudar. Hal itu mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menyebabkan mudahnya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Hal itu membuat masyarakat di Indonesia kehilangan sebagian dari identitas sebagai bangsa Indonesia seperti budaya bangsa Indonesia yang berpakaian simpel namun tak terlalu terbuka, tidak seperti budaya luar yang mungkin terbiasa memakai pakaian sexy.

Bahasa Indonesia. Ya, kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya dapat berbahasa Indonesia. Tetapi seiring perkembangan zaman dan mungkin dikarenakan tuntutan pekerjaan, kita sebagai masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Sekian yang dapat saya eksplorasi. Kiranya sebagai masyarakat Indonesia termasuk saya, tidak melupakan cita - cita yang terdapat pada Sumpah Pemuda dan tentunya dalam peringatan Sumpah Pemuda ini, kita dapat lebih mencintai hal - hal yang berkaitan dengan Indonesia. Terimakasih..


EmoticonEmoticon

loading...