16 January 2016

Cara Cek Kelancaran Koneksi Internet di PC

Tags

Tentu kalian pernah menggunakan internet bukan Kepoers? Ya, sekarang saja kalian sedang menggunakannya. Pernahkah kalian merasakan koneksi internet yang labil? Kadang cepat atau kadang lambat. Sayapun pernah merasakannya. Pernahkah kalian mengecek kelancaran koneksi internet kalian di sebuah komputer atau PC? Kalau belum, kali ini saya akan memberitahukannya kepada kalian.

Pertama, buka aplikasi CMD (Command Prompt). Apabila tidak tersedia dalam Start Menu, kalian hanya perlu mencarinya dengan keyword cmd.

Kedua, kalian ketikkan ping namawebsitetestping.com -t. Kalian dapat mengganti namawebsiteping.com  dengan website yang lain seperti google.com atau facebook.com. Seperti gambar dibawah ini.

Perlu diketahui, Apabila saat melakukan ping, nilai dari time rendah <100 dan terus berlanjut hingga beberapa baris kebawah, itu berarti koneksi internet kalian sedang lancar. Sedangkan jika nilai time tinggi >1000 dan terus berlanjut hingga beberapa baris kebawah, itu berarti koneksi kalian terhubung tetapi cenderung lambat untuk menampilkan sebuah website. Selanjutnya, apabila nilai dari time Request Time Out atau biasa dikenal RTO, itu berarti koneksi terhubung akan tetapi server tidak merespon permintaan.  Dan yang terakhir, apabila terjadi sebuah baris yang bertuliskan General Failture, itu berarti koneksi internet kalian tiba-tiba terputus. Sehingga perlu untuk menyambungkannya kembali.

Sekian dari saya, semoga dapat menambah informasi kalian. Terimakasih..


EmoticonEmoticon

loading...