29 April 2018

5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018

5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018
Hallo Kepoers, sudah cukup lama saya tidak post artikel baru di blog saya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan informasi mengenai 5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018. Penilaian "Terpopuler" ini saya dapatkan dari jumlah Stars dalam situs Github. Penasaran siapa saja yang menduduki 5 peringkat ini? Cek langsung dibawah ini..

5. Phalcon - 8.887 Stars
5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018
Phalcon dibuat pada 14 November 2012 oleh Andrés Gutiérrez dan timnya. Phalcon memiliki tagline "High performance, full-stack PHP framework delivered as a C extension". Tidak seperti Framework pada umumnya, Phalcon dibuat tidak hanya dengan PHP tetapi bahasa pemrograman Zephir dan C, yang membuat performa dan kecepatannya merupakan salah satu yang terbaik. Fitur - fitur yang ada pada Phalcon antara lain, MVC/HMVC, REST Server, Template Engine, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengunjungi situs resminya, disini..

4. Yii2 - 11.897 Stars
5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018
Yii2 adalah Framework yang dibuat pada Oktober 2014. Merupakan penerus dari Yii yang dibuat pada Desember 2008. Yii memiliki tag line "The Fast, Secure and Professional PHP Framework". Yii menjadi salah satu Framework PHP tertua ketiga setelah CodeIgniter dan Symfony. Fitur - fitur pada Yii2 antara lain, MVC, Builder (Login and logout, Bootstrap UI template, dll.), Migration, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengunjungi situs resminya, disini..

3. CodeIgniter - 16.035 Stars
5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018
CodeIgniter adalah Framework yang dibuat pada 28 Februari 2006 dibawah naungan EllisLab. Merupakan Framework PHP tertua kedua setelah Symfony. CodeIgniter adalah framework yang paling mudah untuk digunakan, baik itu cara install hingga production. Fitur - fitur pada CodeIgniter antara lain, MVC/HMVC, Syntax Builder, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengunjungi situs resminya, disini..

2. Symfony - 17.395 Stars
5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018
Symfony adalah Framework  yang dibuat pada 22 Oktober 2005 oleh kontributor Symfony itu sendiri. Symfony memiliki tag line "Symfony is a set of PHP Components, a Web Application framework, a Philosophy, and a Community — all working together in harmony". Ada beberapa bagian pada Symfony yang juga digunakan pada Laravel. Fitur - fitur pada Symfony antara lain, MVC, Template Engine, Syntax Builder, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengunjungi situs resminya, disini..

1. Laravel - 42.509 Stars
5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2018
Laravel adalah Framework yang dibuat pada 9 Juni 2011 oleh Taylor Otwell dan timnya. Laravel memiliki tag line "The PHP Framework For Web Artisans". Laravel menjadi framework dengan jumlah GitHub stars terbanyak hingga saat ini. Fitur - fitur pada Laravel antara lain, MVC, Template Engine, REST Server, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengunjungi situs resminya, disini..

PHP bisa dibilang adalah bahasa pemrograman yang memiliki banyak Framework. Masih ada beberapa lagi yang memang saya tidak masukkan dalam kategori pada artikel saya saat ini. Dengan banyaknya Framework, menjadikan PHP adalah bahasa pemrograman yang masih populer untuk membuat aplikasi web.

Dari daftar di atas, saya sendiri pernah menggunakan CodeIgniter dan Laravel. Menurut saya pribadi, CodeIgniter adalah Framework yang paling mudah untuk dipelajari dan juga konfigurasi pada hosting. Hanya dengan copy-paste pada folder tertentu, CodeIgniter sudah bisa dijalankan.
Akan tetapi, GitHub Star memang tidak bisa bohong. Laravel lebih baik menurut saya jika dibandingkan dengan CodeIgniter. Banyak sekali fitur yang dimilikinya, sehingga Laravel layak memiliki predikat Framework terpopuler atau bahkan yang terbaik. Fitur yang paling saya suka adalah mudahnya konfigurasi REST dan juga membuat aplikasi web dengan teknologi Single Page Application.

Sekian dari saya. Semoga daftar Framework di atas dapat menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin mempelajari PHP lebih dalam lagi. Jangan hanya sekedar belajar PHP Native, karena sesungguhnya menggunakan Framework menjadi lebih mudah.
Terima kasih..

Referensi:
Gambar, Informasi : Wikipedia
Lainnya: Situs masing-masing Framework dan pengalaman pribadi

This Is The Newest Post

1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon

loading...