11 November 2014

Perubahan Sosial Budaya Pada Anak Zaman Sekarang

Hello Kepoers, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi sedikit yang saya ketahui mengenai Perubahan Sosial Budaya Pada Anak Zaman Sekarang.

Zaman terus berjalan hingga sekarang. Perubahan - perubahan pun telah terjadi pada bumi ini. Salah satunya terjadi pada negara kita, yaitu Indonesia. Perubahan yang sangat cepat itu salah satunya adalah perkembangan teknologi yang ada saat ini.  Perkembangaan teknologi sangat beragam. Yang paling mencolok adalah Handphone dan Laptop.

Setiap sampai  di rumah dari pulang kampus, saya selalu melihat adik saya bermain laptop.
Gambar Perubahan Sosial Budaya
Gambar Perubahan Sosial Budaya
Sudah hal biasa bagi dia untuk bermain laptop seperti ini dimana usia adik saya sendiri masih anak kelas 6SD. Tidak seperti saya dulu, sebelum ada laptop, saya bermain permainan daereah. Seperti congklak, petak umpet, gasing, dan masih ada lagi.
Saya pun coba bertanya kepada adik saya. "Kenapa senang sekali bermain game di laptop?" tanya saya. Adik saya pun menjawab, "Gamenya Seru dan Keren". 

Perkembangan teknologi berlanjut kepada Handphone. Handphone zaman sekarang sudah banyak  bertype Smartphone. Ponsel pintar ini banyak dimiliki oleh banyak orang akhir-akhir ini. Tidak ketinggalan juga dengan adik saya.
Gambar Perubahan Sosial Budaya
Gambar Perubahan Sosial Budaya
Tidak hanya gemar bermain Laptop, dia juga senang bermain Smartphone yang dimilikinya.. Banyak sekali aplikasi dan game yang dimiliki oleh Ponsel pintar tersebut. Berbeda dengan zaman dahulu, sebelum adanya Smartphone, Handphone hanya dapat digunakan untuk telepon dan SMS.
Saya bertanya kembali saat dia sedang bermain Smartphonenya. "Lagi  ngapain sih?" tanya saya, "Lagi chatting sama teman, bang." jawab adik saya.
Ternnyata, dengan menggunakan Smartphone tersebut, dapat melakukan chatting dengan teman-teman sebayanya.

Ada dampak Negatif atas Perubahan Sosial Budaya tersebut. Contohnya, menjadi lupa waktu.
Gambar Perubahan Sosial Budaya
Foto yang saya ambil terlihat bahwa saat dia belajar, ada HP yang dia pegang didekatnya. Saya pun mencoba bertanya kembali."Itu apaan di deket buku?" tanya saya. "HP bang," jawab adik saya. Saya pun bertanya kembali, "Emang kalau belajar harus ada HP ya?". "Biar enak aja" jawabnya.

Contoh Perubahan Sosial yang saya coba berikan, memiliki dampak positif dan  juga negatifnya. Kita dapat mengetahui informasi, mempermudah pekerjaan dan sebagainya. Ada pula dampak negatif yang membuat kita lupa waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih penting dan dapat menimbulkan kemalasan pada Anak-anak

Demikian Sedikit ulasan mengenai Perubahan Sosial Budaya pada Anak Zaman Sekarang. Semoga dapat bermanfaat.
Terimakasih..


EmoticonEmoticon

loading...