21 January 2015

Kuliah Umum

Tags

Sertifikat Kuliah Umum
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan pengalaman saya saat mengikuti Kuliah Umum "Evolusi sistem Teknologi Seluler Menuju 4G".
Pembicara pada Kuliah Umum kali ini adalah :

  1. Ir. Yohan Suryanto, MT
  2. Ir. Rafael A. Gafar
Yang saya dapat dalam kegiatan Kuliah Umum kali ini akan saya bahas dibawah,

Broadband Wireless,
- Sebuah koneksi yang kecepatannya 1 hingga 2 Mbps.
- Menurut EOCD, merupakan koneksi yang kecepatannya >256 Kbps

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris, fourth-generation technology. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2GTerdapat dua standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Standrar Korea) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Standar Eropa).

Perkembangan :
  1. 1G : Menggunakan sistem analog dan suara sebagai objek utama.
  2. 2G : Menggunakan sistem digital, contoh : GSM (Eropa) dan CDMA (US)
  3. 3G : Menggunakan sistem hybrid (analog dan digital) mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi 
Teknologi used in 4G :
  • OFDMA
  • MIMO ( Multiple Input Multiple Output)
  • Smart Antena
  • UUltra Wide band
  • IPv6.0
  • Software defined radio
QOS ( Quality of Service )
  • Transection-level QOS
  • Circuit-level QOS
  • User-level QOS
Demikian Materi yang saya dapatkan dari mengikuti acara Kuliah Umum pada kesempatan kali ini. 


EmoticonEmoticon

loading...