24 March 2016

Pengalaman Mengikuti Uji Sertifikasi berbasis SKKNI dari KOMINFO

Hai kepoers, sudah cukup lama saya tidak melakukan blogging. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya pribadi. Pengalaman pribadi yang saya ingin bagikan adalah tentang Mengikuti Uji Sertifikasi berbasis SKKNI dari KOMINFO. Ok, kita langsung saja.

Suatu hari saya mendapat sebuah surat undangan dari KOMINFO untuk mengikuti Uji Sertifikasi di kota Bogor. Suatu undangan yang menurut saya cukup penting karena surat yang saya terima berasal dari KOMINFO. Saya pun membaca surat tersebut dan memutuskan untuk ikut serta dalam kegiatan uji sertifikasi ini. Adapun persyaratan yang sebelumnya harus dipenuhi baik Akademik ataupun persyaratan berkas yang lainnya. Setelah itu, berkas yang menjadi persyaratan dilakukan scan kemudian dikirim melalui email kepada panitia dan kemudian menunggu konfirmasi. Setelah menunggu beberapa hari, sayapun menerima SMS yang berisi, bahwa saya diterima untuk mengikuti uji sertifikasi ini. Sungguh rasa senang dari dalam diri saya keluar semua. Sayapun dapat mengikuti uji sertifikasi ini bersama dengan teman saya di SMK. Saya dan teman SMK saya berjumlah 7 orang. Cukup banyak juga ya (hehehe)...

Uji Sertifikasi kali ini diadakan di Hotel The Sahira Bogor selama 4 hari 3 malam. Jadi, saya perlu membawa pakaian secukupnya dan tidak lupa sebuah Laptop. Saya dan temanpun pergi ke lokasi tempat diadakannnya Uji Sertifikasi ini. Sayapun memasuki Hotel dan melakukan Registrasi. Di lokasi saya melihat cukup banyak peserta. Setelah melakukan registrasi, saya memasuki ruangan yang akan dilaksanakannya acara pembukaan. Di acara pembukaan tersebut dijelaskan tahapan dan cluster apa yang dipilih. Ada 6 Cluster tetapi saya lupa detailnya itu apa (maklumin aja ya,, haha..) Lalu saya memilih Cluster Programming. Tempat dudukpun dipisah menurut Cluster yang dipilih. Cluster Programming cukup banyak. Lalu, dibagikanlah materi yang akan diujikan. Setelah saya melihatnya, ternyata materi yang diujikan diluar ekspetasi saya. Saya kira materi yang diujikan adalah materi tentang yang sudah saya cukup kuasai, ternyata materi yang diujikan adalah materi dasar yang mungkin saya sudah lupa (maklum banyak bahasa pemrograman) Tetapi saya tidak menyerah dan tetap untuk mencoba melanjutkan. Seluruh peserta diberi sebuah latihan soal sesuai cluster yang dipilihnya. Hari pertamapun diisi dengan mengisi soal latihan tersebut. Tidak lupa peserta disajikan makanan snack dan makan berat seperti biasa oleh pihak Hotel (asik.. namanya juga menginap di hotel). Pada sore hari, ternyata peserta bertambah banyak dikarenakan peserta tidak dapat hadir pada pagi hari (tidak masalah, kan belum ujian). Setelah itu, kami dibagikan kunci kamar untuk menginap. Kami peserta menulis nama pada kertas sebagai data. Lalu kami beristirahat tidur hingga esok harinya. 

Lanjut hari berikutnya, peserta diberikan latihan untuk memantapkan materi. Pada hari ini akan dilakukan Registrasi ulang untuk pemilihan materi Uji Sertifikasi. Nah disini peserta dapat mengubah Cluster yang sekarang dengan yang lainnya. Ternyata, sesuai dugaan saya, Cluster Programming yang sebelumnya berjumlah 12 peserta kini hanya menjadi 6 peserta. Mungkin karena 7 materi yang diujikan cukup sulit bagi yang lupa dengan dasarnya. Oh ya, khusus Cluster Programming, kita dapat melihat modul atau program yang sudah kita miliki pada laptop masing - masing pada saat ujian. Cukup asik kan? makannya bawa laptop kalian. Walaupun kalau tidak bawa akan dipinjamkan. Tapi tidak dapat digunakan maksimal. Setelah latihan dan registrasi, seluruh peserta melakukan Uji Sertifikasi dari siang hari hingga sore menjelang malam. Setelah selesai, peserta akan diwawancarai oleh Assestor atau Penguji tentang materi sesuai Cluster yang kita pilih. Tidak semua peserta diwawancari karena waktu yang tidak memadai. Jadi, bagi yang belum diwawancarai pada hari ini, akan diwawancarai esok hari. 

Keesokan harinya, seluruh peserta diwawancarai. Selesai wawancara, akan diketahui, peserta sudah kompeten atau hanya sebagian dari materi yang diujikan. Setelah uji sertifikasi, acara penutupanpun dimulai. Tidak seluruh peserta kompeten penuh. Setelah selesai, peserta dapat beristirahat atau melakukan kegiatan bebas lainnya.

Keesokan harinya, peserta melakukan check out hotel dan kembali kerumah masing-masing. Uji Sertifikasi ini merupakan pengalaman yang sangat berguna sekali. Baik itu dari sertifikatnya ataupun dari materinya. Jadi, jika ada acara seperti ini, lebih baik kalian mendaftar untuk mencobanya. Disarankan kalian harus mengetahui materi yang ingin kalian pilih. Karena Uji Sertifikasi ini bukan sebuah pelajaran materi, tetapi murni ujian dari apa yang sudah kita miliki.

Sekian pengalaman yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga dapat menambah gambaran kalian bagi yang berencana untuk ikut serta. Terimakasih..


EmoticonEmoticon

loading...