Oke, kembali lagi dengan saya di blog kepobro ini! Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara untuk membuat Texture Mapping menggunakan software Blender. Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu Texture Mapping?
Texture Mapping (Pemetaan Tekstur) adalah metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan (bitmap atau raster image), atau warna ke dalam model grafis yang dihasilkan komputer atau 3D. Teknik ini diciptakan oleh Edwin Catmull pada tahun 1974.
Setelah kalian mengetahui secara garis besarnya, kali ini saya akan menunjukkan cara pembuatannya dengan cara yang sangat mudah. Sebelum menuju ke pembuatan Texture Mapping, ada baiknya kalian membuat object terlebih dahulu. Untuk mempermudah, kalian dapat melihat cara pembuatannya pada link berikut ini:
Baca juga: Pencahayaan Lampu Pijar dengan Blender
Kita langsung saja menuju cara pembuatannya.
1. Buat object seperti contoh terlebih dahulu, hingga tampilan seperti gambar di bawah ini.
2. Right Click pada object tembok lalu ubah view kerja menjadi Edit Mode. Kemudian pada tab bagian kanan, pilih menu Material. Buat 2 buah material baru. Pertama untuk warna dasar dan yang kedua digunakan untuk pembuatan texture. Tidak lupa untuk memberikan nama sesuai keinginan kalian agar mempermudah pembuatan. Kalau saya menggunakan nama Material dan Batu Bata. Left Click material dengan nama Batu Bata seperti gambar di bawah ini.
3. Pindah ke menu Texture. Menu Texture berada persis di sebelah kanan menu Material. Seperti gambar di bawah ini.
4. Left Click tombol New untuk membuat Texture baru. Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan tab menu Image seperti gambar di bawah ini.
5. Left Click tombol New pada menu Image untuk memilih gambar yang akan digunakan. Cari gambar yang kamu inginkan lalu Left Click Open Image seperti gambar di bawah ini.
6. Gambar yang saya pilih adalah batu bata. Gambar tersebut akan tampil pada menu Preview seperti gambar di bawah ini.
7. Berikutnya, kita akan menerapkan Texture tersebut. Untuk menerapkannya, pindah ke menu Material. Left Click material Batu Bata, kemudian Left Click Assign untuk menerapkannya. Untuk melihat hasilnya, tekan tombol F12 pada keyboard. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
8. Texture yang dibuat pada tembok masih berantakan. Untuk membuatnya rapih, pilih menu Texture kemudian scroll ke bawah hingga menemukan menu Mapping. Ubah Coordinates menjadi Global dan Projection menjadi Cube. Hal ini diatur untuk membuat Texture-nya diulang secara global dan dalam bentuk Cube (kotak) karena object yang kita buat Texture adalah tembok dengan bentuk kotak seperti gambar di bawah ini.
9. Untuk melihat hasilnya, tekan F12 pada keyboard. Texture batu bata pada tembok telah selesai. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
10. Texture batu bata yang dihasilkan kurang nyata. Untuk membuatnya lebih nyata, kita perlu menerapkan Bump Mapping. Bump Mapping yang akan kita buat sangatlah sederhana. Untuk membuatnya, Left Click menu Texture, kemudian scroll mouse ke bawah hingga menemukan menu Influence. Perhatikan list Geometry. Ceklis pada pilihan Normal seperti gambar di bawah ini.
11. Teknik Bump Mapping telah dibuat. Untuk melihat hasil akhirnya, tekan F12 pada keyboard. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Sekian dari saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih..
EmoticonEmoticon