21 November 2016

Laporan Akhir Lab TI (SBD 1) Universitas Gunadarma

Laporan Akhir Lab TI (SBD 1) Universitas Gunadarma
Hai kepoers, ketemu lagi nih.. Kali ini saya akan berbagi lembaran tugas kepada kalian semua. Bagi kalian yang sudah menempuh semester 5 di Univ. Gunadarma, maka kalian akan merasakan Laboratorium Teknik Informatika dengan mata praktikum Sistem Basis Data 1 (SBD 1). Praktikum tersebut terdiri dari 4 pertemuan. Jadi ada 4 Laporan Akhir yang akan kalian buat. 

Pertemuan 1, kalian akan belajar tentang DDL (Data Definition Language). Disini kalian akan belajar tentang sintaks apa saja yang ada pada DDL, lalu kalian akan mempraktikan dengan menggunakan DBMS MySQL. MySQL yang digunakan tidak melalui localhost, akan tetapi melalui CMD (Command Prompt) agar ilmu yang didapat lebih banyak.

Pertemuan 2, kalian akan belajar tentang DML (Data Manipulation Language). Disini kalian akan belajar tentang sintaks apa saja yang ada pada DML. Perintah dari DML antara lain ada Select, Insert, Update dan Delete. Kalian akan mempraktikkannya menggunakan DBMS MySQL melalui CMD.

Pertemuan 3, kalian akan belajar tentang DCL (Data Control Language). Disini kalian akan belajar tentang pemberian hak akses terhadap suatu database. Perintah dari DCL antara lain ada Grant dan Revoke.

Pertemuan 4, kalian akan belajar tenttang Trigger. Secara garis besar, trigger merupakan suatu cara untuk melakukan pengubahan data pada tabel A tetapi tabel B juga dapat diikut sertakan secara otomatis.






EmoticonEmoticon

loading...