19 December 2015

Cara Mengatasi Widget Blog yang Tidak Bisa Dihapus dan Dipindahkan

Ketemu lagi nih Kepoers. Kali ini saya akan memberikan sebuah informasi kepada kalian. Apakah kalian suka melakukan Blogging seperti saya? Dan apakah kalian pernah mengalami masalah widget blog yang tidak bisa dihapus? Seperti yang saya alami dibawah ini.
Widget Atribusi diatas tidak dapat dihapus atau dipindahkan. Hal itu terlihat dari tidak adanya tanda garirs abu-abu yang terdapat dibagian kiri widget. Namun masalah itu dapat saya atasi dan saya akan membagikan informasi ini kepada kalian. Berikut cara - cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah seperti diatas.
1. Kenali WidgetId atau tanda yang menunjukkan nama dari Widget tersebut. Kalian hanya perlu mengarahkan Mouse kalian ke pilihan "Edit" yang ada pada Kotak Widget kalian dan lihat tandanya. Contohnya seperti ini :

Lihat WidgetType atau WidgetId dan coba kalian hafalkan. Ini sebagai acuan kita dalam mencarinya ditahap berikutnya.

2. Klik Tab Template > Edit HTML lalu cari nama dari WidgetId tersebut pada kumpulan kode HTML. Untuk mempermudah, kalian hanya perlu Ctrl + F pada kumpulan kode tersebut, lalu cari keyword yang diinginkan. Kali ini, saya akan mencari keyword 'Attribution' seperti gambar dibawah ini.

Perlu di ingat, pastikan bahwa keyword yang kita cari terdapat pada barisan kode HTML dengan ciri 'widget'. Terlihat diatas, locked='true' menandakan bahwa widget tersebut terkunci. sehingga tidak dapat dihapus. Agar dapat dihapus, kalian hanya perlu mengubahnya menjadi locked='false' sehingga widget dapat dihapus dan dipindahkan seperti gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas terlihat bahwa Widget Atribusi yang tadinya belum memiliki tanda abu-abu dibagian kiri, sekarang sudah memiliki tanda tersebut. Sehingga Widget tersebut dapat dihapus dan dipindahkan.

Bagi kalian yang memiliki hal demikian, contoh diatas dapat kalian lakukan pada widget yang lainnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih...


EmoticonEmoticon

loading...